slide.jpg
slide1.jpg

APA ITU SISTEM ON GRID?

On Grid bekerja langsung dari panel surya tanpa menggunakan battery, sistem ini dapat langsung tersalurkan kepada beban. Energi listrik yang dihasilkan dari panel surya adalah Direct Current (DC), kemudian diubah menjadi arus Alternating Curent (AC) melalui Inverter. Arus DC yang diubah menjadi arus AC tersebut langsung dapat digunakan kepada beban yang membutuhkan energi listrik, seperti penggunaan untuk lampu, televisi (TV), kipas angin dan perabot elektronik yang membutuhkan energi listrik.

Sistem On Grid bekerja bersama dengan arus listrik dari PLN, yakni arus PLN menjadi penghubung atau penyalur arus listrik dari panel surya kepada beban. Sehingga seluruh penggunaan listrik pada waktu siang hari, dihasilkan dari energi listrik panel surya, dan untuk malam hari menggunakan listrik dari PLN. Penggunaan panel surya pada waktu siang hari, dapat membantu mengurangi tagihan biaya listrik dari PLN, semua dapat terlihat pada box meteran listrik PLN yang tidak bergerak.


KEUNTUNGAN PENGGUNAAN SISTEM ON GRID?

Pemasangan yang mudah di atap rumah (rooftop), tanpa harus mengubah kontruksi yang sudah ada.

Tidak menggunakan battery, energi listrik langsung dari cahaya matahari. Sehingga efisiensi pada tempat penyimpanan.

Ramah lingkungan, dapat mengurangi karbon emisi sehingga tidak merusak  polusi udara.

Dapat mengurangi biaya tagihan listrik. Hemat dan  bisa dijadikan investasi.


CARA KERJA SISTEM ON GRID

  1. Panel surya merubah cahaya matahari menjadi listrik DC.

  2. Grid-tied inverter merubah listrik DC ke listrik AC, yang sinkron dengan jaringan listrik (PLN).

  3. Listrik AC dikirim ke panel listrik utama dimana sudah terhubung langsung oleh grid-tied inverter.

  4. Net Metering menghitung konsumsi bersih pemakaian listrik. Jika ada surplus energi yang dihasilkan oleh sistem PV, itu akan dikirim kembali ke jaringan PLN.


PRODUK ON GRID

Panel surya merubah cahaya matahari menjadi listrik DC.

Grid-tied inverter merubah listrik DC ke listrik AC, yang sinkron dengan jaringan listrik (PLN).


REFERENSI PROYEK

Gunung Putri
Ancol 2
Ancol 1

TESTIMONIAL

Sukarna Herman
Pantai Indah Kapuk

“Setelah pasang on-grid solar sistem di rumah, biaya listrik rumah saya irit kira-kira 30%. Sebelumnya pulsa listrik PLN sekitar 4.5 juta perbulan, setelah pasang 3000W on-grid system menjadi hanya 3 jt setiap bulannya. Saya dan keluarga sangat puas dengan adanya sistem dari ICA Solar, anak-anak sering nyalakan AC di siang hari setelah pulang sekolah.. hitung-hitung sekarang AC pakai listrik gratis dari matahari... mantap!”

Hiandi
Tangerang

“Habis pasang solar panel, meteran listrik di kantor saya jalannya sangat pelan, malah kadang bisa stop atau berputar terbalik! Saya pasang 2KW. Selain hemat listrik saya juga ada rasa kepuasan tersendiri karena pakai energi matahari, bebas polusi dan ramah lingkungan. Saya cukup puas dengan ICA Solar”

Susanto
Kapuk

“Di genteng pabrik kami sudah terpasang 21.000W sistem PV on-grid yang dipasang oleh ICA Solar. Pada siang hari solar sistem menghasilkan listrik dari matahari dan listrik yang dihasilkan dari matahari mengurangi penggunaan listrik PLN. Sebenar kapasitas on-grid sistem sekarang hanya memenuhi kurang dari 5% total kapasitas listrik yang kami butuhkan. Lagi uji coba dulu sih... sudah pasang 2 tahun lebih. Sejauh ini cukup memuaskan, ada penurunan tagihan listrik walaupun kecil karena solar panel yang terpasang pun juga hanya memenuhi sedikit penggunaan listrik kami. Kedepannya ada rencana menambah kapasitas solar panel. Terima kasih tim ICA Solar. Mereka profesional dan sabar dalam mengedukasi produknya.”